expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 15 Maret 2015

Tipe Tubuh Manusia

Manusia memiliki bentuk dan tipe tubuh yang berbeda satu sama lain. Perbedaan mencolok dapat dilihat antara pria dan wanita. Adalah William H. Sheldon, seorang ahli psikologi di Amerika yang menggagas dan memperkenalkan teori “somotype” yang membagi manusia ke dalam 3 tipe tubuh yang berbeda. Teori Sheldon ini menjadi pedoman dalam penelitian tentang berat badan, olahraga, dan bodybuilding.
Karakter tubuh setiap orang mungkin akan masuk kedalam beberapa tipe yang ada, tidak hanya satu tipe saja. Sheldon membedakan tipe tubuh ke dalam 3 kategori, yaitu: Ectomorph, Mesomorph, dan Endomorph.

Berikut ini adalah 3 tipe tubuh yang disebutkan:
Ectomorph
Ectomorph adalah bentuk tubuh yang kurus dan agak sulit untuk membangun otot di tubuh semacam ini. Pertumbuhan berat badan dan otot membutuhkan kesabaran karena memakan waktu lebih lama untuk mencapai dan sulit untuk mempertahankannya.

Tipe ectomorph ini sangat ramping dengan hanya sedikit lemak tubuh dan massa otot. Tipe tubuh ini cocok untuk menjadi atlet dengan keahlian seperti lari maraton jarak jauh atau model. Tipe ectomorph harus memakan lebih banyak kalori dalam diet untuk menambah berat badan.

badan kurus ku
Gomok/Gollok mun becacak

Rekomendasi latihan: latihan aerobik secara teratur seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda. Lari selama 30 menit per hari sebanyak 5 kali seminggu. Lakukan juga latihan beban secara rutin 4-5 kali per minggu dengan istirahat yang cukup antar sesi latihan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar